Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 04 Oktober 2010

Agar Bayi Mudah Makan


Sebagai orang tua, tentu kita ingin bayi kita sehat dan kuat. Masalahnya, kalau mereka tidak mau makanan yang bervariasi dan hanya suka makanan kesukaan saja, kita bisa repot. Mereka bisa kekurangan asupan gizi. Apalagi kalau sudah bosan dengan makanan kesukaan itu lalu menjadi ngadat tidak mau makan. Susah kan?

Berikut ini beberapa tips agar bayi mau makan makanan yang bervariasi. Agar bayi mudah makan berbagai jenis makanan:

1. Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

2. Memberi contoh – pada bayi atau balita Ibu. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara 'mmm' sehingga bayi Ibu mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

3. Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

4. Jika bayi Ibu memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Ibu akan berterima kasih suatu hari nanti!

Demikian tips singkat agar bayi mudah makan. Agar bayi mau makan. Mungkin ibu punya tips lain agar anak mau makan dan mudah makan makanan bervariasi? Mari berbagi di sini.[]

8 komentar:

  1. Tips yang menarik untuk dicoba. Kebetulan anak saya juga sulit makannya ...

    BalasHapus
  2. memang butuh kreatifitas dan kesabaran dalam memberi makan si kecil.
    Blognya sudah saya follow ya..kalau berkenan di follow balik..

    BalasHapus
  3. jangan terlalu cepat memperkenalkan cemilan pada anak..biasanya itu salah satu yang membuat anak malas makan makanan utamanya..

    BalasHapus
  4. Salam
    Wah bisa jadi panduan saya nanti nih..

    Thanks infonya kawan
    Salam hangat

    BalasHapus
  5. salam sobat
    jadi ingat saat anak saya dulu susah makan mba.
    trims sudah berbagi tips agar bayi mudah makan..

    BalasHapus
  6. thanks....infonya memang anak2 biasanya susah makan..hehe

    BalasHapus
  7. kalau tiap makan tidak mau?, pusing juga sbg ortu..., bubur instan gak mau, tim nasi dgn sayur juga gak mau..., mhn tipsnya..., trm kash

    BalasHapus
  8. kalau tiap makan tidak mau?, pusing juga sbg ortu..., bubur instan gak mau, tim nasi dgn sayur juga gak mau..., mhn tipsnya..., trm kash

    BalasHapus